Fakultas Ekonomi

Top PDF Fakultas Ekonomi:

UJI PERBANDINGAN HASIL PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PRODI MANAJEMEN DAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG    Sunanto

UJI PERBANDINGAN HASIL PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PRODI MANAJEMEN DAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG Sunanto

Telah dilaksanakan Uji Perbandingan Hasil Praktik Kewirausahaan Mahasiswa Prodi Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil praktik kewirausahaan mahasiswa antara prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi di Universitas pamulang. Penelitian ini menggunakan desain komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa regular C yang yang tercatat memenuhi syarat (lulus) praktik kewirausahaan pada semester Genap 2017/2018 dengan menggunakan sampel jenuh berjumlah 2227 mahasiswa yang terbagi dalam 66 kelas (48 kelas Manajemen dan 18 kelas Akuntansi). Teknik analisis data dibantu dengan program SPSS dan pengujian hipotesis dengan metode Mann Whitney U test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil praktik kewirausahaan mahasiswa regular C Prodi Manajemen dengan Prodi Akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan Uji Mann Whitney dengan nilai Asymp. Sig. (2 tailed) 0,02 <0,05 yang berarti Ho ditolak.
Show more

14 Read more

Text
1 pdf

Text 1 pdf

Dengan Hormat, Sehubungan dengan pengerjaan skripsi sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi pada Fakultas Ekonomi Universitas Lampung, tanpa bermaksud menggangg[r]

24 Read more

Text
ABSTRAK pdf

Text ABSTRAK pdf

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dibentuk untuk mewujudkan integrasi ekonomi di negara-negara ASEAN. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) memiliki empat karakteristik utama, yaitu pasar tunggal dan basis produksi, kawasan ekonomi yang berdaya saing tinggi, dan kawasan dengan pembangunan ekonomi yang merata, serta kawasan yang terintegrasi penuh dengan ekonomi global. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) memberikan peluang kepada negara-negara anggota ASEAN dalam hal meningkatkan kemudahan perpindahan sumber daya manusia, hal ini dapat menimbulkan pesaing tenaga kerja lokal semakin meningkat. Mahasiswa sebagai agent of change sudah seharusnya mempersiapkan diri untuk menghadapi segala peluang dan tantangan dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Permasalahan dalam peneilitian ini adalah apakah sikap dan norma subjektif berpengaruh positif terhadap niat mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung untuk bersaing menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
Show more

64 Read more

Text
ABSTRACT english pdf

Text ABSTRACT english pdf

Responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Strata Satu Reguler dan Program Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Lampung,Tahun Ajaran 2009-2010 yang masih akt[r]

8 Read more

The Impact of Good Corporate Governance, Company Size Nn Corporate Social Responsibility Disclosure: Case Study of Islamic Banking in Indonesia

The Impact of Good Corporate Governance, Company Size Nn Corporate Social Responsibility Disclosure: Case Study of Islamic Banking in Indonesia

Pengaruh Elemen Good Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perbankan Syariah Di Indonesia, Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang,[r]

30 Read more

Pengaruh Debt Default, Financial Distress, dan Audit Tenure terhadap Penerimaan Opini Going Concern dengan Auditor Industry Specialization sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Pengaruh Debt Default, Financial Distress, dan Audit Tenure terhadap Penerimaan Opini Going Concern dengan Auditor Industry Specialization sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Pembimbing penulisan skripsi saudari TAJRIANI WIHANA CITRA: 10800112051, Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar, Setelah dengan seksama meneliti dan mengoreksiskripsi yang bersangkutan dengan Judul, “Pengaruh Debt Default, Financial Distress, dan audit tenure terhadap penerimaan Opini Going Concern dengan Auditor industry specialization sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia)”, memandang bahwa skripsi tersebut telah memenuhi syarat-syarat ilmiah dan dapat disetujui untuk diajukan ke seminar hasil.
Show more

126 Read more

Analisis kinerja keuangan Bank Muamalat Indonesia dengan menggunakan metode Economic Value Added (EVA) dan Financial Value Added (FVA)

Analisis kinerja keuangan Bank Muamalat Indonesia dengan menggunakan metode Economic Value Added (EVA) dan Financial Value Added (FVA)

Alamat : Cangkringmalang, No. 29 RT. 01/ RW. 02, Beji, Pasuruan Menyatakan bahwa “Skripsi” yang saya buat untuk memenuhi persyaratan kelulusan pada Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, dengan judul:

18 Read more

Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA pdf

Text ABSTRAK BAHASA INDONESIA pdf

signifikansi 0,02 < 5%, yang artinya naiknya harga minyak dunia akan diikuti oleh menguatnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Naiknya harga minyak mentah didorong oleh meningkatnya permintaan akan minyak mentah secara global, peningkatan permintaan akan minyak dunia merupakan tanda bahwa pertumbuhan ekonomi pada setiap negara ikut meningkat. Dengan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat maka akan menggerakan investor untuk berinvestasi di pasar modal, karena beranggapan keadaan pasar modal dalam keadaan yang baik. Diikuti dengan naiknya permintaan saham akan meningkatkan perdagangan saham yang berdampak meningkatnya IHSG, menyesuaikan dengan hipotesis keempat disimpulkan hipotesis terdukung.
Show more

61 Read more

PENGARUH INFRASTRUKTUR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA

PENGARUH INFRASTRUKTUR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA

Di Indonesia, banyak penelitian yang mendalami pengaruh infrastruktur terhadap perekonomian dengan hasil yang bervariasi. Sibrani (2002) menemukan bahwa infrastruktur, dalam hal ini listrik dan pendidikan, memberikan pengaruh yang positif dan signifikan pada pendapatan per kapita masyarakat Indonesia, sedangkan variabel jalan dan telepon tidak signifikan. Kebijakan pembangunan infrastruktur yang terpusat di Jawa dan Indonesia bagian barat menimbulkan disparitas pendapatan per kapita masing-masing daerah di Indonesia, terutama di Kawasan Indonesia Timur. Lebih lanjut, Yanuar (2006) dengan menggunakan data panel 26 provinsi menunjukkan bahwa modal fisik, infrastruktur jalan, telepon, kesehatan, dan pendidikan memberikan pengaruh positif pada output perekonomian. Sementara itu, Prasetyo (2008) menyimpulkan bahwa listrik, panjang jalan, stok modal, dan otoritas daerah berpengaruh positif terhadap pembangunan ekonomi Kawasan Indonesia Barat, sementara variabel air bersih tidak signifikan. Penelitian oleh Prasetyo dan Firdaus (2009) menyimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia dipengaruhi oleh ketersediaan infrastruktur, di antaranya elektrifikasi, jalan beraspal, dan air bersih.
Show more

38 Read more

KOMUNITI EKONOMI ASEAN: MUNGKINKAH MENJADI REALITI?

KOMUNITI EKONOMI ASEAN: MUNGKINKAH MENJADI REALITI?

Di benua Asia terutamanya yang merangkumi Asia Timur, Asia Tenggara dan Asia Selatan telah menjalinkan hubllngan kerjasama ekonomi seperti Pertubuhan Negara-negara Asia T[r]

21 Read more

Sumbangan k-ekonomi dan k-worker dalam pembelajaran sepanjang hayat

Sumbangan k-ekonomi dan k-worker dalam pembelajaran sepanjang hayat

Tetapi sebagai umat yang berasaskan ilmu kita sendiri perlu menangkis dan menepis mana yang buruk dan memilih yang baik untuk kemanafaatan ummah. K-ekonomi adalah pendekatan bijak untuk kemajuan ekonomi ummah. Ia akan menarik keluar umat daripada ketertutupan budaya lama kepada kemakmuran budaya baru. Orang bijak bestari pernah berkata:"Kegagalan dan kebodohan adalah musuh kemajuan." Dan Islam benci kepada kegagalan dan kebodohan. Sebagai penganut agama yang maju, umat Islam tidak harus berfikir ke belakang, sebaliknya mengambil langkah tgerkehadapan untuk meneroka sesuatu yang baru seperti yang ditunjukkan oleh Nabi Muhammad, semua sahabat baginda, malah tabiin juga. Angara mereka Othman Ibnu Affan dan khalifah yang terkemudian. Antara tabiin ialah al- Biruni, Ibnu Khaldun, Ibnu Sina, Ibnu Rusyd dan ramai lagi (sekadar menyebut beberapa nama). Mereka mengharumkan Islam. Dan kini kita sebagai pewaris umat berfungsi besar menaikkan semula martabat Islam. Cara yang difikirkan sesuai ialah menerusi k-ekonomi dan cara bekerja yang menggunakan ilmu berpengetahuan.
Show more

11 Read more

Türkiye'nin Ekonomi Politiği ve Mali Krizler

Türkiye'nin Ekonomi Politiği ve Mali Krizler

Politik konjonktürün besledi i krizler: Türkiye'de ubat 2001'de patlak veren krizin, Hükümetin ve Bakan Kemal Dervi 'in ileri sürdü ü gibi sadece on yıllık bir geçmi inin oldu unu söylemek oldukça güç. Ancak, son on yılda sorunların giderek kar yı ını gibi büyüdü ü bir gerçek. Cumhuriyetin kurulu undan 1980'li yılların ba ına kadar devletçi ekonomi politikaları izlenmi tir. 1923-32 dönemi bazen serbest piyasacı veya özel sektöre öncelik veren bir zaman dilimi olarak lanse edilse de; bu dönemin daha ziyade politik ve ideolojik çerçevede bir anlam ta ıdı ı söylenebilir. 24 Ocak 1980 kararlarına kadar, izlenen politikalarla devletin dayanıklı ve dayanıksız tüketim malları ile ara ve yatırım malları üretimini gerçekle tirerek ekonomiyi hem geli tirme hem de kısmi bir otonomiye kavu turma hedeflenmi tir. Ancak dı rekabetten koruyan, iç pazarı hedefleyen üretim felsefesi ve kalite ve maliyet etkinli inde bir referans de erler sisteminden fiilen yararlanılamaması nedeniyle, ithal ikameci olarak nitelenebilecek iktisadi devletçilik modeli iflas etmi tir.
Show more

43 Read more

Agama, ekonomi dan negara: Pemikiran ekonomi al Mawardi pada Adab al Dunya wa al Din

Agama, ekonomi dan negara: Pemikiran ekonomi al Mawardi pada Adab al Dunya wa al Din

Pada sisi lain, terkait dengan hubungan ekonomi dan negara, mainstream teori ekonomi memberikan kerangka kerja tentang keuangan publik. Tentu saja kerangka ini tidak dapat digunakan untuk memahami public finance hanya pada wilayah mikroekonomi. Menurut F.M. Bator (1957) dan Richard A. Musgrave & Peggy B. Musgrave (1989), sebagaimana kasus pada cabang-cabang lain dari ilmu ekonomi, pendekatan normatif atas public finance merujuk pada konsep ekonomi kesejahteraan (welfare economics), suatu teori ekonomi yang memusatkan pada kebutuhan sosial dari alternatif ekonomi negara. Konsep ekonomi kesejahteraan menekankan pada kondisi dengan alokasi sumber-sumber ekonomi yang disebut dengan optimalitas Pareto atau efisiensi Pareto, suatu pengalokasian sumber daya yang efisien untuk meningkatkan kemakmuran seseorang dan tidak menyebabkan orang lain menjadi lebih buruk secara ekonomi.
Show more

23 Read more

PENIMBUNAN BARANG PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI ISLAM

PENIMBUNAN BARANG PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI ISLAM

Penimbunan merupakan salah satu bentuk bagian dalam perdagangan yang tak lain ialah penimbunan barang jual, yang mana si penjual melakukan penimbunan berdasarkan tujuannya masing-masing, salah satunya yaitu demi mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda, si penjual rela menunggu barang jualannya di jual ketika harga pasaran naik. Hal tersebut merupakan bagian jual beli yang dilarang disebabkan merugikan orang lain dan hanya menguntungkan diri sendiri saja. Kata lain disebutkan sebagai Ihtikâr atau monopoli. Maka dari itu, dalam menjalankan bisnis perdagangan atau pun segala urusan mencari rizki lainnya harus menjalankannya dengan adil tidak dengan cara yang merugikan sepihak atau menguntungkan sepihak melainkan berdasarkan dengan cara yang di ridha Allah SWT. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui mengetahuipengaruh penimbunan barang terhadap stabilitas ekonomi. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya penimbunan barang (Ihtikâr). Serta untuk mengetahui bagaimana konsep dasar penimbunan barang (Ihtikâr) secara umum. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif normatif. Dari hasil penelitian, penimbunan barang jual dalam perspektif hukum ekonomi islam yang dilarang ialah berupa penimbunan bahan pokok makanan. Secara ekonomi penjualan bahan pokok makanan yang ditimbun oleh si penjual yaitu berupa sembako, yang dapat mengakibatkan terjadinya inflasi, kenaikan harga pada pasaran yang mengakibatkan pembeli pun merasa kesulitan untuk mendapatkan barang tersebut tak lain merupakan kebutuhan pangan tiap harinya. Hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya kelaparan yang berawal dari tidak mampunya membeli barang tersebut atau karena kelangkaan barang yang dibutuhkan. Maka dari itu berdagang pun haruslah bersifat adil.
Show more

15 Read more

Text
ABSTRAK (ABSTRACT) pdf

Text ABSTRAK (ABSTRACT) pdf

Usahatani kubis di Kabupaten Tangggamus umumnya dibudidayakan pada lahan basah (sawah) dan lahan kering (tegalan) (BP3K Gisting, 2014). Secara budidaya, dua kondisi yang berbeda ini berkaitan dengan sistem pengairan, dimana usahatani kubis di lahan sawah akan selalu tercukupi kebutuhan airnya. Pada lahan kering, tidak ada irigasi dan kebutuhan air hanya mengandalkan dari curah hujan, akibatnya produksi kubis yang diusahakan pada lahan sawah lebih tinggi dibandingkan produksi kubis pada lahan kering. Berdasarkan fakta ini, perlu dianalisis apakah ada perbedaan terhadap efisiensi ekonomi relatif antara lahan basah dan lahan kering.
Show more

121 Read more

KEUANGAN PUBLIK ISLAM:Refleksi APBN dan Politik Anggaran di Indonesia

KEUANGAN PUBLIK ISLAM:Refleksi APBN dan Politik Anggaran di Indonesia

Selanjutnya, sebagaimana diamanatkan oleh UU No.17 Tahun 2003, maka sistem penganggaran mengacu pada praktek-praktek yang berlaku secara internasional. Menurut GFS (Government Financial Statistics) Manual 2001, sistem penganggaran belanja negara secara implisit menggunakan sistem unified budget, dimana tidak ada pemisahan antara pengeluaran rutin dan pembangunan, sehingga klasifikasi menurut ekonomi akan berbeda dari klasifikasi sebelumnya. Dalam hal ini, belanja negara menurut klasifikasi ekonomi dikelompokkan ke dalam (1) kompensasi untuk pegawai; (2) penggunaan barang dan jasa; (3) kompensasi dari modal tetap berkaitan dengan biaya produksi yang dilaksanakan sendiri oleh unit organisasi pemerintah; (4) bunga hutang; (5) subsidi; (6) hibah; (7) tunjangan sosial (social benefits); dan (8) pengeluaran-pengeluaran lain dalam rangka transfer dalam bentuk uang atau barang, dan pembelian barang dan jasa dari pihak ketiga untuk dikirim kepada unit lainnya.
Show more

161 Read more

DILEMA DESENTRALISASI DI TENGAH KETIDAKPASTIAN EKONOMI

DILEMA DESENTRALISASI DI TENGAH KETIDAKPASTIAN EKONOMI

Tantangan yang tidak kalah beratnya adalah beberapa persoalan yang potenslnya lebih besar datang dari daerah, seperti masalah KKN, kualitas aparat birokrasi yang masih rendah, serta belu[r]

5 Read more

Kebijakan Ekonomi Khalifah Umar Bin Khattab

Kebijakan Ekonomi Khalifah Umar Bin Khattab

Umar bin Khattab, orang yang pertama mendapatkan gelar amirul mukminin. Di masa umar bin Khattab ini umat islam mengalami kejayaan yang begitu pesat dan ekomoninya pun sangat maju karena ghanimah atau harta rampasan perang bukan berupa baju perang saja tetapi berupa tanah negara yang sangat luas yaitu negara romawi. menurut DR.Abdullah Ibrahim Al-Kaylan(2008) 2 Umar bin Khattab menghadapkan permasalahan Negara dalam tujuan ekonomi dan menjadikannya sebagai negara yang mandiri. Dr.Mustofa faydah menjelaskan dalam bukunya yang berjudul ta’ sis Umar bin Khattab(1418H/1997M) 3 mengatakan bahwa zamanya Umar bin Khattab (13-23H/634- 644M) paling banyak menaklukkan negara-negara setelah Rasulullah wafat. penulis akan mengulas kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh Umar bin Khattab di bidang ekonomi saat menjabat sebagai khalifah. Kajian kebijakan ekonomi Umar ini difokuskan pada tiga kebijakan, yaitu pendirian lembaga baitul mal, pendirian lembaga al-hisbah, dan reformasi kepemilikan tanah, berdasarkan pada data-data sejarah yang penulis kumpulkan dari berbagai sumber. Semoga tulisan makalah ini dapat menambah khazanah keilmuan kita di kemudian hari.
Show more

9 Read more

Kepenggunaan Islam Dalam Masalah Asas Ekonomi

Kepenggunaan Islam Dalam Masalah Asas Ekonomi

Sistem ekonomi Islam meletakkan aspek nilai positif dan normatif secara serentak dalam membentuk gelagat pengguna yang sebenar. Begitu juga kedudukan sesuatu barangan dan perkhidmatan adalah berasaskan nilai agama. Kalau ianya halal, baik dan tidak memudharatkan boleh dikeluarkan serta digunakan tetapi jika sebaliknya ia ditegah sama sekali. Semua ini mengambil kira keperluan, kepentingan serta pengaruh etika dan akhlak kepada masyarakat. Manakala jumlah sesuatu barangan dan perkhidmatan dipertekankan agar mengambil kira soal keutamaan serta peruntukan sumber yang sedia ada.
Show more

13 Read more

PENGARUH PARIWISATA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

PENGARUH PARIWISATA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

Sementara itu, promosi pariwisata baru terlihat dampak positifnya terhadap pertumbuhan ekonomi ketika memasuki triwulan kedua (Grafik 3.1.b). Setelah periode itu pengaruhnya cenderung negatif dan mencapai puncaknya pada triwulan kelima, yang kemudian terus bergerak menuju keseimbangan (convergence). Yang agak mencengangkan adalah pengaruh teror bom terhadap pertumbuhan ekonomi (Grafik 3.1.c). Adanya teror bom akan direspon positif oleh pertumbuhan ekonomi. Hal ini diduga sebagai implikasi dari langkah-langkah rehabilitasi lokasi yang ditempuh pemerintah pasca teror bom. Setelah itu, meskipun pengaruhnya positif namun cenderung menurun dan terus bergerak menuju keseimbangan.
Show more

25 Read more

Show all 303 documents...